Metode Pembelajaran Pada Quran Surah An-Nahl Dalam Tafsir Al Mishbah

Saleh, Romadon (2019) Metode Pembelajaran Pada Quran Surah An-Nahl Dalam Tafsir Al Mishbah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Romadon.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Romadon.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II Romadon.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Romadon.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Romadon .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Romadon .pdf

Download (927kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Romadon.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui metode pembelajaran yang ada dalam Al-Quran, mengetahui bagaimana konsep metode pembelajaran tersebut menurut tafsir Al-Mishbah, dan mengembangkan teori tentang pembahasan metode pembelajaran, khususnya dalam ranah pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis pendekatan kepustakaan (library research). yakni suatu metode penelitian dimana pengumpulan informasi dan data memakai bantuan beberapa macam materi, baik jurnal, majalah, surat kabar, buku, dan beberapa tulisan lain yang mempunyai keterkaitan dengan pembahasan suatu penelitian tertentu. Di sini yang dijadikan objek kajian adalah karya literatur berupa kitab tafsir al-Mishbah, Kesan, Pesan, dan Keserasian al-Qur’an oleh Muhammad Quraish Shihab. Adapun hasil dari penelitian ini adalah metode pembelajaran pada surah An-Nahl berdasarkan tafsir Al-Misbah yaitu metode hikmah, mau’idzotil hasanah, debat, reward, dan punishment. Adapun tentang pemakaian setiap metode ini, maka akan tergantung kepada situasi dan kondisi siswanya, jika siswanya yang cepat menangkap/IQ yang tinggi (kognitif) maka dengan metode hikmah, jika siswanya yang begitu lambat menerima dan mengingat pelajaran, lembut perasaannya (afektif), maka dengan mau’idzotil hasanah, sedangkan debat, adalah untuk siswa yang aktif dan logika yang tinggi. Adapun reward dan punishmant untuk semua kondisi siswa, karena metode ini merupakan motivasi bagi mereka. Yang berprestasi akan mendapat penghargaan, dan yang nakal akan mendapat hukuman.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Feb 2023 03:19
Last Modified: 01 Feb 2023 03:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17192

Actions (login required)

View Item View Item