Strategi Komunikasi Pengasuh Asrama Dalam Membentuk Soft Skill Santriwati Di Pondok Pesantren Modren Al-Hasyimiyah Kota Tebing Tinggi

Sinambela, Indah Nurhasanah (2021) Strategi Komunikasi Pengasuh Asrama Dalam Membentuk Soft Skill Santriwati Di Pondok Pesantren Modren Al-Hasyimiyah Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dan lainnya.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I (3).pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB V (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
Daftar pustaka dan lampiran (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pengasuh asrama dalam membentuk soft skill santriwati di Pondok Pesantren Modren Al- Hasyimiyah Kota Tebing Tinggi. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam membentuk soft skill santriwati Pondok Pesantren Modren Al-Hasyimiyah Kota Tebing Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode ini dilakukan terkait dengan fenomena yang ada di lapangan dengan cara mengumpulkan data, terutama dari informan penelitian. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah teknik utama yang di gunakan seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan sebagai berikut, strategi komunikasi yang digunakan oleh pengasuh asrama dalam membentuk soft skill santriwati yaitu dengan menggunakan strategi komunikasi persuasif, informatif, koersif dan intruksional. Dari hasil penelitian gambaran strategi komunikasi pengasuhan Pondok Pesantren Modren Al-Hasyimiyah adalah dengan menggunakan semua bentuk-bentuk komunikasi yang ada . Selain itu bidang pengasuhan juga melibatkan Organisasi Santriwati Pesantren Al-Hasyimiyah (OSPA) dalam melakukan komunikasi dan pengawasan kepada Santriwati. Dan soft skill yang muncul pada santriwati yaitu: kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, motivasi diri, percaya diri, mampu berkomunikasi dan kepemimpinan. Faktor yang menjadi pendukung dalam pembentukan soft skill santriwati adalah adanya berbagai macam kegiatan ekstrakulikuler yang ada di Pondok Pesantren Modren Al-Hasyimiyah. Faktor penghambat pembentukan soft skill santriwati Perbedaan karakter Santriwati yang datang dari latar belakang pendidikan berbeda menjadi kendala komunikasi antara Santriwati dengan pengasuh. Maka hasil wawancara menunjukkan bahwa strategi yang digunakan cukup efektif dalam pembentukan soft skill santriwati.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:06
Last Modified: 31 Jan 2023 08:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17169

Actions (login required)

View Item View Item