Hubungan Karakteristik Individu Dengan Keluhan Gangguan Kulit Pada Pemulung Sampah Di TPA Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan

Aini, Jam’ Atul (2022) Hubungan Karakteristik Individu Dengan Keluhan Gangguan Kulit Pada Pemulung Sampah Di TPA Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kulit berkaitan langsung dengan terjadinya masalah kesehatan seperti gangguan penyakit kulit. Keluhan gangguan kulit ini meliputi ras gatal-gatal, ruam kemerahan dan alergi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik individu dengan keluhan gangguan kulit pada pemulung sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Kelurahan Terjun Keacamatan Medan Marelan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel merupakan terknik purposive sampling, terhadap 80 sampel para pekerja Pemulung tempat pembuangan akhir (TPA) Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan observasi lapangan dengan beberapa pemulung di tempat pembuangan akhir (TPA). Hasil kuesioner ini dianalisis dengan menggunakan uji square dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian diketahui bahwa tidak ada ditemukan hubungan yang signifikan antara umur, jenis kelamin dan jam kerja dengan keluhan gangguan kulit pada pemulung dengan nilai p value 0,723 (>0,05),p value jenis kelamin 0,850 (>0,05), p value jam kerja 0,617 (>0,05). Pada masa kerja, penggunaan alat pelindung diri(APD) dan kebersihan diri ada ditemukan hubungan yang signifikan dengan keluhan gangguan kulit pada pemulung dengan nilai p value 0,040 (<0,05), , nilai p value penggunaan alat pelindung diri (APD) 0,025 (<0,05). p value kebersihan diri 0,010 (<0,05).Pemulung hendaknya menjaga kebersihan diri setelah pulang bekerja dan mencuci tangan pakai sabun. Pemulung juga harus memakai alat pelindung diri (APD) saat bekerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Individu, Keluhan Gangguan Kulit, Pemulung
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:23
Last Modified: 31 Jan 2023 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17137

Actions (login required)

View Item View Item