Maysarah, Siti and Andhany, Ella (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Literasi Matematika. LP2M UIN Sumatera Utara Medan.
Text
Laporan_Lengkap-57966.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari modul digital interaktif berbasis literasi matematik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and develovment). Adapun model yang dikembangkan adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Produk yang dikembangkan adalah modul digital interaktif berbasis literasi matematika pada matakuliah Struktur Aljabar Grup dan Matematika Diskrit. Uji coba produk penelitian dilakukan kepada seluruh mahasiswa semester V (lima) Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara. Hasil penelitian ini adalah: (1) Modul digital interaktif berbasis literasi matematika dikatakan sangat valid dari aspek materi dan dapat digunakan selanjutnya di Prodi Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ratarata total tingkat pencapaian pada modul digital Struktur Aljabar Grup memperoleh nilai 84,96% dan sudah pada kategori sangat valid. Sedangkan rata-rata total tingkat pencapain pada modul digital interaktif Matematika Diskrit memperoleh nilai 82,24% dan sudah pada kategori sangat valid. Secara keseluruhan rata-rata tingkat pencapaian validasi materi terhadap kedua modul digital interaktif adalah 83,60% dengan kategori sangat valid. Lebih lanjut, modul digital interaktif berbasis literasi matematika dikatakan sangat valid dari aspek media dan layak digunakan selanjutnya di Prodi Pendidikan Matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata total tingkat pencapaian pada modul digital Struktur Aljabar Grup memperoleh nilai 94,91% dan sudah pada kategori sangat valid. Sedangkan rata-rata total tingkat pencapain pada modul digital interaktif Matematika Diskrit memperoleh nilai 93,98% dan sudah pada kategori sangat valid. Secara keseluruhan rata-rata tingkat pencapaian validasi media terhadap kedua modul digital interaktif yaitu 94,44% dengan kategori sangat valid. (2) Modul digital interaktif berbasis literasi matematika dikatakan sangat praktis dan layak digunakan selanjutnya di Prodi Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ratarata total tingkat kepraktisan pada modul digital Struktur Aljabar Grup memperoleh nilai 84,42% dan sudah pada kategori sangat praktis. Sedangkan rata-rata total tingkat kepraktisan pada modul digital interaktif Matematika Diskrit memperoleh nilai 84,04% dan sudah pada kategori sangat valid. Secara keseluruhan rata-rata tingkat kepraktisan terhadap kedua modul digital interaktif yaitu 84,23% dengan kategori sangat praktis. (3) Modul digital interaktif berbasis literasi matematika dikatakan efektif dan dapat digunakan selanjutnya di Prodi Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara. Secara keseluruhan, rata-rata ketuntasan belajar mahasiswa setelah menggunakan modul digital interaktif berbasis literasi matematika pada matakuliah Struktur Aljabar Grup dan Matematika Diskrit mencapai di atas 80%. Hal ini dapat dilihat dari bahwa ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal pada kelas PMM-1 sebesar 81,48%. Sementara ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal pada kelas PMM-2 sebesar 83,87%. Ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal pada kelas PMM-3 sebesar 93%. Sementara ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal pada kelas PMM-4 sebesar 89%.
Jenis Item: | Lainnya |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Laporan Penelitian (Research Report) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 04:21 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 04:21 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17136 |
Actions (login required)
View Item |