Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring di SMA Swasta Esa Prakarsa

Lubis, Siti Rahmah (2022) Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring di SMA Swasta Esa Prakarsa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Siti Rahmah Lubis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Siti Rahmah Lubis.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB 2 Siti Rahmah Lubis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
BAB 3 Siti Rahmah Lubis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB 4 Siti Rahmah Lubis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB 5 Siti Rahmah Lubis.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Siti Rahmah Lubis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini implementasi yang dilakukan adalah layanan bimbingan kelompok dalam meningaktkan kedisiplinan belajar siswa. Kedisiplinan belajar merupakan salah satu syarat yang dapat menentukan keberhasilan seseorang dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pasca pembelajaran daring di sekolah SMA Swasta Esa Prakarsa, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pasca pembelajaran daring, 3) Mendeskripsikan strategi guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa pasca pembelajaran daring di SMA Swasta Esa Prakarsa. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa yang rendah pasca pembelajaran daring , 2) faktor menurunnya kedisiplinan belajar siswa karena faktor kebiasaan, 3) Layanan bimbingan kelompok yang diberikan sudah berjalan dengan efektif dan lancar, hal tersebut dapat dilihat dari perubahan individu dalam proses layanan bimbingan kelompok bahwa terdapat peningkatan peserta didik dalam mentaati kedisiplinan belajar ditunjukan dengan perubahan sikap dan tingkah laku peserta didik yang mengikuti aturan dalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, kedisiplinan belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:37
Last Modified: 31 Jan 2023 03:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17123

Actions (login required)

View Item View Item