Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mts. Negeri 1 Deli Serdang

Husaini, Wan Insyira (2022) Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mts. Negeri 1 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Wan Insyira Husaini - Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Wan Insyira Husaini - BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Wan Insyira Husaini - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
Wan Insyira Husaini - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
Wan Insyira Husaini - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
Wan Insyira Husaini - BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Wan Insyira Husaini - Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (681kB)

Abstract

Siswa yang memiliki motivasi belajar akan nampak melalui kesungguhannya untuk terlibat dalam kegiatan belajar, seperti menyimak isi pelajaran, mencatat pelajaran, aktif bertanya, mengemukakan pendapat, menyimpulkan pelajaran, membuat resume dan tekun dalam mengerjakan tugas atau soal-soal. Sebaliknya, siswa yang tidak memiliki motivasi belajar umumnya kurang sungguh-sungguh dalam belajar. Motivasi belajar memegang peranan penting dalam memberiksn gairah, semangat dan rasa senang dalam belajar, sehingga siswa yang mempunyai motivasi tinggi mempunyai energi yang lebih banyak untuk melaksanakan kegiatan belajar, yang pada akhirnya akan mampu memperoleh prestasi yang lebih baik, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Deli Serdang TA 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Deli Serdang berjumlah sebanyak 30 siswa dan objeknya adalah 9 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan melaksanakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pra siklus persentase 30% dan mengalami peningkatan di siklus I dengan hasil persentase 56% dan di siklus II layanan yang diberikan oleh peneliti mengalami peningkatan mencapai persentase 89%. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar dan Layanan Bimbingan Kelompok
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 30 Jan 2023 06:35
Last Modified: 30 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17096

Actions (login required)

View Item View Item