Faktor Yang Berhubungan Demand Masyarakat Dalam Kepesertaan JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional) Di Desa Sidomulyo Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu Utara

Atika, Wahyulinar (2022) Faktor Yang Berhubungan Demand Masyarakat Dalam Kepesertaan JKN ( Jaminan Kesehatan Nasional) Di Desa Sidomulyo Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Atika.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB I atika.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II Atika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Atika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Atika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Atika.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Atika.pdf

Download (3MB)

Abstract

JKN adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dasar. Desa Sidomulyo memiliki jumlah penduduk 1808 jiwa, namun yang terdaftar sebagai peserta JKN hanya 245 jiwa. Ada 107 peserta yang mendapatkan bantuan dana (PBI) dan 138 peserta yang menerima BPJS Kesehatan (NonPBI), dengan 1.563 jiwa tidak berkunjung. terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat animo masyarakat terhadap keterlibatan JKN di Desa Sidomulyo Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Dengan menggunakan sampling Notoatmodjo, diambil sampel acak proporsional sebanyak 94 orang dari total 1.563 orang. Analisis data mengunakan uji Chi Square, analisis univariat dan analisis bivariat dengan taraf signifikan 5% dengan tingkat kesalahan α = 0,05. Terdapat hubungan penghindaran risiko dengan demand masyarakat dalam kepersertaan JKN dengan nilai (p=0,019), terdapat hubungan besarnya kerugian dengan demand masyarakat dalam kepersertaan JKN dengan nilai (p=0,001), terdapat hubungan iuran dengan demand masyarakat dalam kepersertaan JKN (p=0,010) dan terdapat hubungan pendapatan dengan demand masyarakat dalam kepersertaan JKN dengan nilai (p=0,000). Kebanyakan orang yang bukan peserta BPJS Mandirii mengaku tidak membutuhkan BPJS Mandirii. Hasilnya terdapat keterkaitan antara penghindaran risiko, total kerugian, pembayaran, dan pendapatan dengan keterlibatan masyarakat BPJS Mandirii. Berdasarkan hasil penelitian, BPJS Kesehatan menyarankan untuk bekerjasama dengan tokoh masyarakat untuk mempromosikan dan melibatkan mereka dalam manfaat BPJS Mandiri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:19
Last Modified: 30 Jan 2023 02:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17085

Actions (login required)

View Item View Item