Kesiapsiagaan Petugas Kesehatan Dengan Penanganan Pasien Di Masa Pandemi Covid - 19 Sesuai Dengan Standar Operasional Prosedur Di Upt Puskesmas Sentosa Baru Kecamatan Medan Perjuangan Tahun 2022

Siregar, Afif Effendi (2022) Kesiapsiagaan Petugas Kesehatan Dengan Penanganan Pasien Di Masa Pandemi Covid - 19 Sesuai Dengan Standar Operasional Prosedur Di Upt Puskesmas Sentosa Baru Kecamatan Medan Perjuangan Tahun 2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER 1 (AFIF EFFENDI SIREGAR).pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB I (AFIF EFFENDI SIREGAR).pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 2 (AFIF EFFENDI SIREGAR).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 (AFIF EFFENDI SIREGAR).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 (AFIF EFFENDI SIREGAR).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 (AFIF EFFENDI SIREGAR).pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (AFIF EFFENDI SIREGAR).pdf

Download (1MB)

Abstract

Virus mematikan yang dikenal dengan nama Covid-19 ini telah menyebabkan kematian sebagian besar tenaga medis maupun tenaga kesehatan. Kurangnya kesiapsiagaan tenaga kesehatan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan banyak tenaga medis atau tenaga kesehatan tertular Covid-19, sehingga tujuan penelitian ini guna mengetahui kesiapsiagaan tenaga kesehatan dalam menangani pasien pada masa pandemi Covid-19 sesuai standar operasional prosedur di UPT Puskesmas Sentosa Baru, Medan Perjuangan pada tahun 2022. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Sentosa Baru sebanyak 73 tenaga kesehatan, sampel penelitian diperoleh dengan teknik total sampling, data dianalisis menggunakan analisis data univariat dan bivariat serta chi square. Hasil kajian Kesiapsiagaan penanganan pasien pada masa pandemi Covid-19 sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) di UPT Puskesmas Sentosa Baru Tahun 2022 yang telah dilaksanakan dengan baik oleh tenaga kesehatan sebanyak 56 responden (76,7 %). Penggunaan APD di UPT Puskesmas Sentosa Baru Kecamatan Medan Perjuangan tahun 2022 telah digunakan dengan baik oleh tenaga kesehatan sebanyak 60 responden (82,2%). Sarana dan prasarana di UPT Puskesmas Sentosa Baru Kecamatan Medan Perjuangan tahun 2022 telah dilaksanakan dengan baik oleh tenaga kesehatan sebanyak 56 responden (76,7%). Saran bagi Dinas Kesehatan (Puskesmas) perlu lebih memonitor shift kerja dan beban kerja perawat selama merawat pasien Covid-19 agar bisa menyamakan durasi kerja dan durasi istirahat untuk meningkatkan kesiapsiagaan perawat dalam memenuhi manajemen klinik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Petugas Kesehatan, Penanganan Pasien Covid - 19
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Jan 2023 02:49
Last Modified: 27 Jan 2023 02:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17051

Actions (login required)

View Item View Item