Lesson Study Berbasis Hybrid Collaborative Learning Berorientasi Wahdatul Ulum pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi

Jayanti, Ummi Nur Afinni Dwi (2022) Lesson Study Berbasis Hybrid Collaborative Learning Berorientasi Wahdatul Ulum pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi. LP2M UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Laporan Penelitian BOPTN 2022 Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan implikasi Lesson Study berbasis Hybrid Collaborative Learning berorientasi Wahdatul Ulum terhadap kemampuan mahasiswa calon guru dalam mengaitkan teori dan praktik perencanaan pembelajaran serta keterampilan mahasiswa calon guru biologi dalam merencanakan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian mixed method. Data kuantitatif dikumpulkan dari instrument berupa angket dan rekapitulasi hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Perencanaan Pembelajaran Biologi. Data kualitatif dikumpulkan melalui artifak perkuliahan dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan Lesson study berbasis Hybrid Collaborative Learning berorientasi Wahdatul Ulum. Partisipan memiliki pandangan positif terkait kontribusi pelaksanaan tahap Learn, Plan, Implement, See dan Reflect terhadap kemampuan mereka dalam merencanakan pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan lingkungan pembelajaran kolaboratif yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengaitkan teori dengan praktik melalui pelaksanaan Lesson Study pada matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Walaupun demikian, tetap ada kendala yang dialami mahasiswa calon guru yang perlu dijadikan dasar untuk pengembangan perbaikan penelitian ini kedepan.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:03
Last Modified: 26 Jan 2023 07:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17031

Actions (login required)

View Item View Item