Lubis, Riki Pramulia (2022) Perbedaan Kemampuan Spasial dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Think Talk Write (TTW) Pada Materi Dimensi Tiga Di Kelas XII SMA Al-Azhar Plus Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover Perpus Riki.pdf Download (756kB) |
|
Text
BAB I Skripsi Perpus Riki.pdf Download (543kB) |
|
Text
BAB II Skripsi Perpus Riki.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB III Skripsi Perpus Riki.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
|
Text
BAB IV Skripsi Perpus Riki.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) |
|
Text
BAB V Skripsi Perpus Riki.pdf Download (417kB) |
|
Text
Dapus & Lampiran Skripsi Perpus Riki.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan spasial dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dan Think Talk Write (TTW) pada materi Dimensi Tiga kelas XII SMA Al-Azhar Plus Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 150 siswa, sedangkan sampelnya 30 siswa kelas ekperimen A dan 30 siswa kelas eksperimen B. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan spasial dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, masing- masing terdiri dari 5 soal yang berbentuk uraian soal. Dalam penelitian ini hasil uji Fhitung untuk hipotesis pertama diperoleh harga Fhitung = 0.418 dan Ftabel = 4.007 berarti Fhitung < Ftabel maka H0 diterima. Hipotesis kedua diperoleh harga Fhitung = 5.271 dan Ftabel = 4.007 berarti Fhitung > Ftabel maka Ha diterima. Pada hipotesis ketiga diperoleh harga Fhitung = 5.175 dan Ftabel = 3.923 berarti Fhitung > Ftabel maka H0 diterima. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Kemampuan Spasial yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi Dimensi Tiga. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk write (TTW) pada materi Dimensi Tiga. 3) Kemampuan spasial dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi Dimensi Tiga.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 08:53 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 08:53 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16985 |
Actions (login required)
View Item |