Analisis Sistem Pencatatan Dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (Sp2tp) Di Puskesmas Mutiara Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan

Sinaga, Ila Azlina (2022) Analisis Sistem Pencatatan Dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (Sp2tp) Di Puskesmas Mutiara Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ila.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB 1 ila.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 ila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 ila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 ila.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ila.pdf

Download (666kB)

Abstract

Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) adalah kegiatan pencatatan dan pelaporan puskesmas secara menyeluruh dengan konsep wilayah kerja puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) di Puskesmas Mutiara. Jenis penelitian ini adalah penelittian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu Kepala Puskesmas, Koordinator Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP), dan Kepala Tata Usaha Puskesmas. Data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap seluruh informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada aspek input yaitu masa kerja para petugas sudah lima tahun, sumber daya manusia yang mengelola program sistem pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas tidak pernah mengikuti pelatihan, dan petugas yang mengelola program sistem pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas berpendidikan kebidanan. Selain itu, sistem pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas mutiara masih bersifat manual karena sarana prasarana yang masih terbatas. Pencatatan hanya menggunakan formulir dan tidak adanya buku pedoman mengenai program Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP). Pada aspek proses yaitu pencatatan data diperoleh melalui kegiatan di dalam dan di luar gedung puskesmas, dan pelaporan data yang dikirimkan ke dinas kesehatan kabupaten asahan hanya berupa data kesakitan. Pada aspek output yaitu laporan yang dikirimkan tidak lengkap dan tidak tepat waktu sehingga informasi yang dihasilkan tidak akurat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencatatan, Pelaporan, Kelengkapan, Ketepatan Waktu
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:07
Last Modified: 25 Jan 2023 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16981

Actions (login required)

View Item View Item