Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mewujudkan Siswa Berakhlakul Karimah Di Mts Aisyiyah Sumatera Utara Bandar Khalifah Percut Sei Tuan

Suci, Landa (2021) Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mewujudkan Siswa Berakhlakul Karimah Di Mts Aisyiyah Sumatera Utara Bandar Khalifah Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover landa.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB I landa.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II landa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III landa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV landa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V landa.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA landa.pdf

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini membahas bentuk-bentuk upaya yang dilakukan guru BK dalam mewujudkan siswa berakhlakul karimah, faktor penghambat dan pendukung serta bentuk wujud keberhasilan guru BK dalam mewujudkan siswa berakhlakul karimah. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriftif, jenis penelitian kualitatif yang dipilih sesuai yang ingin di gambarkan peneliti lewat skripsi ini. Sumber data pada penelitian didapatkan melalui Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk pengujian keabsahan data menggunakan tringulasi data. Hasil penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan guru BK dalam mewujudkan siswa berakhlakul karimah adalah menjalankan peraturan madrasah dengan membiasakan siswa Membaca Do’a dan Al-Qur’an pada pagi hari. Shalat jama’ah dzhuhur pada berakhirnya jam pelajaran, Sholawat bersama, pembiasaan bersedekah yang dilakukan diwaktu hari senin dan mengikuti Program bersih bersama disetiap pagi. Upaya lainnya memberikan layanan konseling individu dan layanan informasi. Faktor pendukung adalah adanya Peraturan sekolah/tradisi sekolah, Keluarga, Kesadaran diri siswa. Sedangkan Faktor penghambat adalah Perkembangan diri siswa, Media sosial, Keluarga dan Lingkungan tempat tinggal (pergaulan). Bentuk/wujudnya Terlihat dari prilaku yang sopan kepada guru, tidak mengotori kelas, hubungan pertemanan antara siswa baik dari tidak adanya pengelompokan pertemanan. Siswa yang sudah terbiasa mengikuti sholat berjamaah di waktu zhuhur, siswa yang terbiasanya bersedekah dengan ikhlas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BK, Mewujudkan Akhlakul karimah
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:57
Last Modified: 25 Jan 2023 03:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16969

Actions (login required)

View Item View Item