Nst, Siti Suhaila (2021) Perbedaan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching Learning) Dan Pbl (Problem Based Learning) Pada Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Kelas VIII Mts. Cerdas Murni Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
1. cover.pdf Download (930kB) |
|
Text
2. Bab I.pdf Download (430kB) |
|
Text
3. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
|
Text
4. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
|
Text
5. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6. Bab V.pdf Download (212kB) |
|
Text
7. daftar pustaka.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII MTs Cerdas Murni Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh kelas VIII MTs Cerdas Murni, Tahun Ajaran 2020-2021 yang berjumlah 125 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan model pembalajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan kelas VIII-4 sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Data yang diperoleh melalui post- test yang berbentuk uraian sebanyak 5 butir soal tes kemampuan penalaran matematis dan 5 butir soal tes kemampuan representasi matematis. Data dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) kemudian dilanjutkan dengan Uji Tuckey. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Problem Based Learning. (2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Problem Based Learning. (3) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran dan kemampuan reprsentasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Problem Based Learning. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan penalaran dan kemampuan reprsentasi matematis siswa lebih sesuai diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) daripada model pembelajaran Contextual Teaching Learning.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching Learning (CTL), Problem Based Learning (PBL), Penalaran matematis, Representasi matematis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:44 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 09:03 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16937 |
Actions (login required)
View Item |