Strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam membina sikap religi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan

Purba, Hadis and Arlina, Arlina and Pulungan, Elly Damayanti (2018) Strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam membina sikap religi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 7 (2). ISSN 2086-4191

[img] Text
4. Tazkiya 7, No 1 (2018).pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap religi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode fenomenologis.Tehnik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Temuan penelitian ini menunjukkan : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membina Sikap Religi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan dapat ditemukan bahwa : (1) Sikap religi mencakup TaqarrubI’lallloh (Mendekatkan diri kepada Allah) melalui beberapa strategi sebagai berikut: (a) Berdoa, (b) Shalat dzuhur berjamaah, (c) Infak Jum’at, (d) Dakwah Jum’at, (e) Membaca Al-Qur’an, dan (2) Sikap Religi mencakup Hablumminanas (Ibadah yang berhubungan dengan manusia) melalui beberapa strategi sebagai berikut: (a) Menyalami Guru Ketika berpapasan (b) Mengucapkan salam, dan (c) Pemberian hormat.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Strategi, Sikap Religi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:32
Last Modified: 13 Jan 2023 08:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16925

Actions (login required)

View Item View Item