Purba, Hadis and Arlina, Arlina and Pulungan, Elly Damayanti (2018) Strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam membina sikap religi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 7 (2). ISSN 2086-4191
Text
4. Tazkiya 7, No 1 (2018).pdf Download (124kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina sikap religi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode fenomenologis.Tehnik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Temuan penelitian ini menunjukkan : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membina Sikap Religi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan dapat ditemukan bahwa : (1) Sikap religi mencakup TaqarrubI’lallloh (Mendekatkan diri kepada Allah) melalui beberapa strategi sebagai berikut: (a) Berdoa, (b) Shalat dzuhur berjamaah, (c) Infak Jum’at, (d) Dakwah Jum’at, (e) Membaca Al-Qur’an, dan (2) Sikap Religi mencakup Hablumminanas (Ibadah yang berhubungan dengan manusia) melalui beberapa strategi sebagai berikut: (a) Menyalami Guru Ketika berpapasan (b) Mengucapkan salam, dan (c) Pemberian hormat.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Sikap Religi, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 08:32 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 08:32 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16925 |
Actions (login required)
View Item |