Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Imunitas Kelas XI SMA/MA

Monika, Sandra (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Imunitas Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI SANDRA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah LKPD berbasis kemampuan berpikir kritis pada materi sistem imunitas layak, praktis dan efektif dalam proses pembelajaran. penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model 4D (Define, Design, Developmet, Dessiminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar validasi untuk ahli media, ahli materi, ahli bahasa, angket untuk respon guru biologi dan respon peserta didik serta tes yang dilakukan secara pretest-postestuntuk melihat keefektifan LKPD berbasis kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis kemampuan berpikir kritis yang telah dikembangkan mendapatkan persentase 90% (ahli media), 100% (ahli materi), dan 100% (ahli bahasa) dengan kriteria sangat valid, serta 100% (respon guru biologi) dan 93% (respon peserta didik) dengan kriteria sangat praktis. LKPD juga dinyatakan efektif dilihat dari ketercapaian hasil N-Gain dengan mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,711 dengan kategori tinggi. Berdasarkan paparan hasil diatas dinyatakan bahwa LKPD berbasis kemampuan berpikir kritis yang telah dikembangkan layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.LKPD yang dikembangkan dapat mengembangkan berpikir kritis pesera didik dan guru dapat menggunakan LKPD sebagai bahan ajar didalam kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, LKPD, Sistem imunitas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:03
Last Modified: 12 Jan 2023 08:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16910

Actions (login required)

View Item View Item