“Penerapan Model PBM-B3 dalam Konteks Budaya Mandailing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Analisis Matematis Siswa Di MA Syekh Suulaiman Baqi

Falah Nasution, Ika Futri Nurul (2022) “Penerapan Model PBM-B3 dalam Konteks Budaya Mandailing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Analisis Matematis Siswa Di MA Syekh Suulaiman Baqi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (3).pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB III (3).pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV (3).pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan dengan judul “ Penerapan Model Pembelajaran PBM- B3 Dalam Konteks Budaya Mandailing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Analisis Matematis siswa MA Syekh Sulaiman Baqi” yang dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan analisis matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Siswa masih kesulitan dalam memahami maksud soal,mengidentifikasi unsur apa yang diketahui dan unsur apa yang ditanyakan, membuat model matematika, dan rencana penyelesaian siswa tidak terarah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan analisis matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran PBM-B3 dalam konteks Budaya Mandailing di MA Syekh Sulaiman Baqi. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen (quasi eksperimental design). Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Syekh Sulaiman Baqi dengan jumlah sampel 25 siswa kelompok eksperimen dan 28 siswa kelompok kontrol. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar mengggunakan model PBM-B3 dalam konteks Budaya Mandailing. (2) terdapat peningkatan kemampuan analisis matematis siswa yang diajar menggunakan model PBM-B3 dalam konteks Budaya Mandailing. (3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan analisis matematis siswa yang diajar menggunakan model PBM-B3 dalam konteks Budaya Mandailing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PBM-B3, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Kemampuan Analisis Matematis, Budaya Mandailing
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:09
Last Modified: 05 Jan 2023 07:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16849

Actions (login required)

View Item View Item