Manajemen Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 42 Takengon

Sutrisno, Budi (2022) Manajemen Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 42 Takengon. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 2 (3). ISSN 2775-2380

[img] Text
9. BUDI SUTRISNO.pdf

Download (348kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kinerja guru di SMPN 42 takengon (2) capaian prestasi belajar kelas VIII di SMPN 42 Takengon (3) Program yang dirancang oleh sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru SMPN 42 Takengon (4) pengorganisasian kegiatan pengembangan kinerja guru di SMPN 42 Takengon (5) pelaksanaan kegiatan pengembangan kinerja guru di smpn 42 takengon (6) pengawasan yang dilakukan pada kegiatan pengembangan kinerja di SMPN 42 Takengon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dan Dewan Guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik Penjaminan keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Guru-guru yang mengajar di SMPN 42 Takengon ini masih menunjukan sikap-sikap yang berorientasi pada kinerja yang kurang baik sehingga guru-guru ini masih membutuhkan bimbingan atau arahan dari pihak terkait. (2) Guruguru yang mengajar di SMPN 42 Takengon ini masih menunjukan sikap-sikap yang beroirentasi pada kinerja yang kurang baik sehingga guru-guru ini masih membutuhkan bimbingan atau arahan dari pihak terkait. (3) Program yang telah dibuat oleh sekolah sudah baik akan tetapi implementasinya juga harus diperhatikan agar sekolah ini dapat mewujudkan tujuan pendidikan sebagaimana mestinya. (4) Pengorganisasian sekolah ini kepala sekolah dalam pregram-program yang dirancang harus melibatkan sumberdaya yang baik dalam mengimplementasikanya. (5) Pelaksanaan pengembangan kinerja sekolah ini para guru harus lebih mandiri lagi dalam memperoleh bahan ajar, penggunaan teknologi agar tujuan daripada pendidikan nasional tercapai sebagai mana yang telah direncanakan. (6) Kepala sekolah sebagai supervisor harus mampu memberikan motivasi bagi para pegawainya dalam meningkatkan kinerjanya. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa Guru-guru yang mengajar di SMPN 42 Takengon ini masih menunjukan sikap-sikap yang berorientasi pada kinerja yang kurang baik sehingga guru-guru ini masih membutuhkan bimbingan atau arahan dari pihak terkait. Prestasi yang diperoleh oleh kelas VIII dalam pembelajaran sudah cukup akan tetapi harus ditingkatkan lagi motivasi serta bimbingan dari pihak guru.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:16
Last Modified: 03 Jan 2023 08:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16816

Actions (login required)

View Item View Item