Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia 6-5 Tahun Melalui Model Pembelajaran STEAM di RA Al Amar Kecamatan Medan Denai

Nasution, Nurul Liza (2022) Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia 6-5 Tahun Melalui Model Pembelajaran STEAM di RA Al Amar Kecamatan Medan Denai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I Nurul Liza Nst.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II Nurul Liza Nst.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
BAB III Nurul Liza Nst.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV Nurul Liza Nst.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img] Text
BAB V Nurul Liza Nst.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (866kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan dengan judul “Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Model Pembelajaran di RA Al Amar Kecaman Medan Denai” dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di RA Al Aman Kecaman Medan Denai dikarenakan kurangnya variasi model pembelajaran yang dilakukan guru dan hanya berfokus pada pengembangan kognitif; membaca, menulis, dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran STEAM di RA Al Amar Kecamatan Medan Denai, 2) Apakah melalui Model Pembelajaran STEAM dapat meningkatkan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di RA Al Amar Kecamatan Medan Denai. Metodologi penelitian pada skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah sampel 10 orang anak dan dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil Penelitian ini dapat dinyatakan dengan Model Pembelajaran STEAM dapat meningkatkan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun di Ra Al Amar Kecamatan Medan Denai. Hasil ini didapat dari data pra siklus sebesar 20%, siklus I sebesar 50%, dan siklus II sebesar 80%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sains, Model Pembelajaran STEAM.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:13
Last Modified: 02 Jan 2023 06:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item