Pengembangan Lembar Kerja Anak untuk Aspek Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Terpadu Geranio Medan

Mahyani, Winniy (2022) Pengembangan Lembar Kerja Anak untuk Aspek Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Terpadu Geranio Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan upaya mengembangkan lembar kerja anak untuk aspek kemampuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Geranio Medan. 2) Mendeskripsikan hasil validasi ahli lembar kerja anak untuk aspek kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK islam Terpadu Geranio Medan. 3) Mendeskripsikan hasil uji coba lembar kerja anak untuk aspek kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Geranio Medan, pada tanggal 23 Agustus 2022, dengan jumlah anak yang diteliti sebanyak 20 anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R n D (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiono. Data penelitian ini diperoleh menggunakan lembar validasi ahli dari ahli desain media dan ahli materi, serta menggunakan lembar observasi. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh validator desain media mendapat skor persentase kelayakan sebesar 100%. Dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil penilaian validasi ahli materi mendapat skor persentase kelayakan sebesar 95.83% . Dengan jumlah skor tersebut dapat dinyatakan bahwa lembar kerja anak untuk aspek kemampuan kognitif adalah “Sangat Valid” digunakan. hasil perhitungan N-gain score di atas, maka keefektifan penggembangan lembar kerja anak untuk aspek kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun memperoleh nilai N-Gain sebesar 0.69 yang berada pada rentang interval 0.3 ≤ g ≤ 0.7 dengan kategori sedang, serta mendapat nilai persentase sebesar 69 % pada tafsiran efektivitas “cukup efektif”.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Anak, Kognitif, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:57
Last Modified: 28 Dec 2022 07:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16760

Actions (login required)

View Item View Item