Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Program Kelas Tahfidz Al-Quran Di Sekolah SMP Hidayatul Islam

Khairani, Adinda (2022) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Program Kelas Tahfidz Al-Quran Di Sekolah SMP Hidayatul Islam. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2 (4). ISSN 2775-2380

[img] Text
3. ADINDA KHAIRANI.pdf

Download (455kB)

Abstract

Pengembangan dan pengelolaan program kelas Tahfidz Al-Quran pasti akan berkaitan dengan bagaimana kepemimpinan dari kepala sekolahnya itu membentuk dan mengelola agar vprogram tersebut tetap berjalan searah dengan visi dan misi sekolah yang telah ditetapkan sebelumnya untuk itu penelitian ini memiliki tujuan diantaranya adalah sebagai berikut yaitu: (1) Untuk mengetahui perkembangan pengelolahan program kelas Tahfidz Al-Qur’an di sekolah SMP Hidayatul Islam. (2) Untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program kelas Tahfidz Al-Quran di sekolah SMP Hidayatul Islam. (3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalampelaksanaan program kelas Tahfidz Al-Quran di sekolah SMP Hidayatul Islam. Pada penelitian ini diperoleh hasil yang menyatakan bahwa (1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program tahfidz al-Qur’an di SMP Hidayatul Islam sudah menerapkan unsur kepemimpinan yang cukup baik dari segi rencana atau strategi, organisir SDM, komunikasi, pengambilan keputusan, penanganan komplik, pengawasan pelaksaan program, penilaian hasil program, dan pemberiaan apresiasi kepada seluruh staf dan peserta didik atas pencapaian hasil hafalan yang telah mereka terapkan. (2) Perkembangan Program kelas tahfidz alQur’an di SMP Hidayatul Islam sudah memasuki perkembangan yang cukup bagus dari segi tingkat pencapaian hafalan siswa, minat siswa terhadap al-Qur’an, dan pengaplikasiannya pada pembentukan moral yang tergolong baik, serta kemampuan siswa yang terus meningkat dalam segi pengembangan diri dan mengikuti perlombaan-perlombaan yang bersinggungan dalam pembacaan dan penghafalan al-Qur’an. (3) Program kelas tahfidz al-Qur’an di SMP Hidayatul Islam memiliki beberapa hambatan dan pendukung terlaksananya Program kelas tahfidz al-Qur’an ini diantaranya dari segi pendukung yaitu besarnya minat para siswa untuk mendalami hafalan al-Qur’an yang dirasakan oleh para siswa memiliki efek positif terhadap diri para siswa akan tetapi dibalik besarnya motivasi atau kemauan para siswa untuk cinta dan menghafal al-Qur’an menumbuhkan suatu hambatan dalam pengembangan program tersebut yaitu kurangnya SDM yang ada di sekolah SMP Hidayatul Islam yang bertugas untuk membimbing para siswa dalam menghafal al-Qur’an.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:31
Last Modified: 28 Dec 2022 06:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item