Strategi Kepala Sekolah Mengembangkan Profesionalisme Guru Di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padang Sidimpuan

Marito, Juni (2022) Strategi Kepala Sekolah Mengembangkan Profesionalisme Guru Di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padang Sidimpuan. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2 (3). ISSN 2775-2380

[img] Text
10. JUNI MARITO (1).pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala sekolah mengembangkan profesionalisme guru di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padang Sidimpuan .peneltian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian natularistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi.Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis natularistik kualitatif. Kedudukan guru sebagai pendidik memerlukan suatu kemampuan profesional yang mampu mendukung terhadap pencapaian tujuan pendidikan, sehingga mampu menciptakan perubahan-perubahan tingkah laku, baik di sekolah maupun di masyarakat.Profesionalisme guru dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai pendidik yang profesional. Permasalahan-permasalahn yang terjadi berhubungan dengan pengembangan profesionalisme gur di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padang Sidimpuan berhungan dengan: lemahnya motivasi yang dimiliki guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya, kurangnya sarana prasarana yang mendukung penimgkatan profesionalisme guru merupakan upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengambangkan efektivitas kerjanya. Dengan adanya pengembangan tersebut diharapkan guru mampu mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pegawai dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru anatara lain: kegiatan seminar pelatihan-pelatihan, diklat. Workshop dan rapar rutin yang membahas permasalahan bapak/ibu guru yang ada.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:31
Last Modified: 26 Dec 2022 08:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16740

Actions (login required)

View Item View Item