Persepsi Guru Tentang Supervisi Akademik Kepala Madrasah Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan

Wara, Suci Hayati and Nasution, Inom and Rustam, Rustam (2022) Persepsi Guru Tentang Supervisi Akademik Kepala Madrasah Di MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2 (3). ISSN 2775-2380

[img] Text
9. SUCI HAYATI WARA (1).pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul persepsi guru tentang supervisi akademik kepala madrasah di MTsPN 4 Medan. Yang dilatarbelakangi bahwa persepsi guru sangat penting untuk menunjang kinerja kepala madrasah dalam melakukan tugasnya salam satunya adalah melakukan pelaksanaan supervisi akademik di MTsPN 4 Medan. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah serta mendeskripsikan persepsi guru mengenai supervisi akademik kepala madrasah. Partisipan yang berpartisipasi pada penelitian ini yaitu merupakan wakil kepala madrasah bagian kesiswaan yang juga mengajar sebagai guru dan juga salah satu guru lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi terhadap pelaksanaan supervisi akademik kepala MTsPN 4 Medan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kepala MTsPN 4Medan melaksanakan tugas serta tanggung jawab dengan baik. Salah satu tugas tersebut adalah dengan melakukan supervisi akademik di MTsPN 4Medan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru. Selain itu dari dampak negatif yang ditemukan pada penelitian ini yaitu melihat kinerja kepala MTsPN 4Medan masih terdapatnya suatu kekurangan dikarenakan kepala MTsPN 4Medan sering sekali memerintahkan wakil kepala madrasah untuk menjalankan tugasnya.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:28
Last Modified: 26 Dec 2022 08:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16739

Actions (login required)

View Item View Item