Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum 2013 di MIN 12 Kota Medan

Ramadhani, Diah Pratiwi (2022) Penerapan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum 2013 di MIN 12 Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER dan LAinnya FIX.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB 1 FIX.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
BAB 3 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB 4 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
BAB 5 FIX.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN FIX-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum 2013 Di MIN 12 Kota Medan”, yang dilatar belakangi bahwa guru-guru kelas V mengalami kesulitan dalam mengajarkan pembelajaran bahasa Indonesia terutama dalam penerapan pendidikan karakter karena perubahan mata pelajaran yang guru kelas ampu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter, faktor pendukung dan penghambat serta upaya dalam penerapan pendidikan karakter. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) penerapan pendidikan karakter di seluruh kelas V juga sudah diterapkan dengan sebaiknya, walau ada beberapa guru yang merasa masih belum menerapkan pendidikan karakter sepenuhnya di dalam pembelajaran termasuk bahasa Indonesia, (2) faktor pendukung penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia meliputi: Siswa memiliki perlengkapan sekolah pribadi, media pembelajaran bahasa Indonesia dipersiapkan dengan baik, metode belajar yang bervariasi, jarak duduk antara guru dan siswa tidak terlalu jauh saat belajar, guru berkeliling dan aktif berinteraksi pada siswa, motivasi siswa, pengaturan jadwal pembelajaran, kemampuan guru dalam mengaitkan materi dengan pendidikan karakter, dan kemampuan siswa dalam menyerap materi yang dikaitkan guru. faktor penghambat penerapan pendidikan karakter meliputi: Kesulitan siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia, sarana dan prasarana sekolah yang tidak lengkap, pengaruh lingkungan sosial sekolah, (3) upaya dalam menggiatkan kembali nilai-nilai pendidikan karakter meliputi: melakukan pembelajaran dan kegiatan positif diluar kelas, melengkapi sarana dan prasaran sekolah, berkarakter yang baik kepada para siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:20
Last Modified: 23 Dec 2022 04:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16717

Actions (login required)

View Item View Item