Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Mathematical Resilience Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe

Ginting, Annisa Sri Ervina Br (2022) Pengaruh Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Mathematical Resilience Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_ANNISA SRI ERVINA BR GINTING_0305183208_PMM.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB I_ANNISA SRI ERVINA BR GINTING_0305183208_PMM.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II_ANNISA SRI ERVINA BR GINTING_0305183208_PMM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
BAB III_ANNISA SRI ERVINA BR GINTING_0305183208_PMM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB IV_ANNISA SRI ERVINA BR GINTING_0305183208_PMM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] Text
BAB V_ANNISA SRI ERVINA BR GINTING_0305183208_PMM.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_ANNISA SRI ERVINA BR GINTING_0305183208_PMM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Mathematical Resilience Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 43 Kabanjahe”, yang dilatabelakangi bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada mata pelajaran matematika cukup memperihatinkan dan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas yang cukup monoton. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh SISWA kelas VIII SMP Muhammadiyah Kabanjahe yang berjumlah 40 siswa, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas VIII-A berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan open-ended dan kelas VIII-B berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol tanpa perlakuan pendekatan open-ended. Instrumen dalam penelitian inni berupa tes uraian dan angket mathematical resilience. Berdasarkan uji-t yang dilakukan didapatkan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan . Selanjutnya dari perhitungan didapatkan hasil kelas eksperimen dengan (tinggi). Sementara, kelas kontrol dengan nilai (rendah). Begitu juga dengan hasil angket mathematical resilience diperoleh dengan . Uji N-Gain Score juga memberikan tingkat kriteria pengaruh mathematical resilience anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksprimen memiliki nilai (sedang) sementara kelas kontrol memiliki nilai (rendah) sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan open-ended memiliki pengaruh lebih tinggi terhadap mathematical resilience siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, mathematical resilience, pendekatan open-ended
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:49
Last Modified: 23 Dec 2022 03:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16713

Actions (login required)

View Item View Item