Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memanfaatkan Sarana Prasarana Sekolah untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Panai Tengah Labuhan Bilik

Tanjung, Novita Julianthy (2022) Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memanfaatkan Sarana Prasarana Sekolah untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Panai Tengah Labuhan Bilik. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER Skripsi Novita Julianthy Tanjung 0301183221_PAI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB I Skripsi Novita Julianthy Tanjung_0301183221_PAI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II Skripsi Novita Julianthy Tanjung_0301183221_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III Skripsi Novita Julianthy Tanjung_0301183221_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi Novita Julianthy Tanjung_0301183221_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB V Skripsi Novita Julianthy Tanjung_0301183221_PAI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka SKRIPSI Novita Julianthy Tanjung_0301183221_PAI.pdf

Download (943kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Panai Tengah memiliki sebuah problematika pendidikan yang signifikan. Salah satu problematika pendidikan tersebut terkait peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam memanfaatkan dan menerapkan sarana prasarana sekolah dengan optimal sehingga beberapa siswa menjadi kurang tertarik dan kurang berminat ketika mengikuti proses pembelajaran bahkan peserta didik tersebut kurang memahami materi yang dijelaskan oleh pendidik, beberapa siswa melamun, mengobrol dengan teman sehingga tidak memperhatikan penjelasan guru dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi sarana prasarana sekolah, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam memanfaatkan sarana prasarana sekolah untuk menumbuhkan minat belajar siswa, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat guru, serta bagaimana solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan sarana prasarana sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian tersebut adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Informannya adalah Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Kepala Sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah berdasarkan analisis deskriptif seperti reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam memanfaatkan sarana prasarana sekolah untuk menumbuhkan minat belajar siswa itu sendiri terutama Guru Pendidikan Agama Islam untuk membuat peserta didik berminat mengikuti proses pembelajaran masih kurang maksimal karena terdapat tantangan tersendiri yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengaplikasikan sarana prasarana yang ada disekolah tersebut seperti kurangnya waktu dan juga jam kerja guru yang mengajar di sekolah tersebut bahkan kekurangan tenaga kerja guru Pendidikan Agama Islam itu juga sangat mempengaruhi namun ada beberapa faktor juga mempengaruhinya 1) faktor pendukung dalam menumbuhkan minat belajar siswa yaitu a) pendidik b) fasilitas c) Keadaan Siswa 2) Faktor penghambat dalam menumbuhkan minat belajar siswa a) Kurangnya pendampingan Orang tua b) minimnya penghargaan terhadap prestasi siswa c). Kurangnya dorongan dari diri sendiri. 3) Dan solusi guru dalam mengatasi ham- batan tersebut yaitu a) Penambahan tenaga pendidik atau guru Agama Islam b) kerja sama guru dan orang tua c) Memberikan apresiasi kepada peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Pemanfaatan Sarana Prasarana, Minat Belajar Siswa.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:49
Last Modified: 22 Dec 2022 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16693

Actions (login required)

View Item View Item