Syakinah, Mutiara and Daulay, Nurussakinah (2022) The Effect of Smartphone Addiction on Learning Motivation and Well-Being. Jurnal Basicedu : Jurnal of Elementary Education, 6 (3). ISSN P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Text
DOC-20220526-WA0001..pdf Download (630kB) |
Abstract
Smartphone merupakan alternatif komunikasi dan penyebaran informasi di era digital saat ini. Terdapat kelebihan dan kelemahan smartphone sebagai alat komunikasi, termasuk dampaknya yang menjadikan banyak kalangan candu (addiction). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar dan kesejahteraan berpengaruh terhadap kecanduan smartphone pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa dengan jumlah sebanyak 228 siswa, menggunakan teknik pengambilan cluster sampling. Metode Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Skala Likert yang terdiri dari skala kesejahteraan, skala motivasi belajar, dan skala kecanduan smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan dan motivasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan dalam memunculkan kecanduan smartphone pada siswa.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecanduan Smartphone, Kesejahteraan, Motivasi Belajar. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 07:45 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 07:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16675 |
Actions (login required)
View Item |