UNSPECIFIED (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Spermatophyta Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER SKRIPSI .pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (172kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (938kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (260kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi di dunia pendidikan adalah lemahnya proses pembelajaran, dimana peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis. Lamahnya proses pembelajaran berpengaruh pada pemahaman serta keterampilan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari penuntun Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Spermatophyta Kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metide penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan metodologi berdasarkan metodologi Thiagarajan dengan empat tahapan di antaranya, tahap define, design, devolepment dan disseminate. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Juli-Agustus 2022 dengan sampel penelitian 25 peserta didik kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Al-Uswah Langkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan penuntun praktikum pada ahli materi sebesar 100% dan pada ahli media sebesar 89%. Kemudian hasil persentase uji kepraktisan respon guru 89% dan hasil uji respon siswa sebesar 86,8%. Dan hasil uji keefektifan Penuntun Praktikum Praktikum yaitu 0.7. dari hasil yang didapatkan menyatakan bahwa penuntut praktikum layak, praktis, dan Penuntun praktikum efektif untuk digunakan pada proses kegiatan praktikum.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penuntun Praktikum, Spermatophyta, Inkuiri Terbimbing. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 06:58 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 06:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16668 |
Actions (login required)
View Item |