Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan

Andriani, Wilda (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_WILDA ANDRIANI_PMM.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB 1_WILDA ANDRIANI_PMM.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 2_WILDA ANDRIANI_PMM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB 3_WILDA ANDRIANI_PMM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB 4_WILDA ANDRIANI_PMM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5_WILDA ANDRIANI_PMM.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_WILDA ANDRIANI_PMM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul: analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi program linier di kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Yang dilatar belakangi oleh pentingnya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia agar mampu bersaing pada taraf internasional serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan HOTS pada siswa. Sehingga peneliti merasa perlu untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan untuk diketahui tinggi rendahnya kemampuan siswa tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian mixed methods. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Data didapatkan dari siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan yang berjumlah 226 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan diberikan tes soal HOTS yang sudah dibuat sesuai indikator pemecahan masalah matematis dan mewawancarai peserta didik yang telah dipilih. Setelah data didapatkan maka hasil dari tes dan wawancara selanjutnya dianalisis. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padangsidimpuan tergolong sedang, (2) adapun kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS adalah tidak menuliskan unsur – unsur yang diketahui dan ditanya, tidak menuliskan kesimpulan jawaban, dan melakukan perhitungan yang salah. (3) faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS adalah siswa belum terbiasa mengerjakan soal bertipe HOTS, siswa merasa bahwa waktu yang diberikan masih kurang, siswa kurang teliti dan siswa cenderung melupakan pelajaran yang telah berlalu. Dari hasil penelitian ini, maka guru harus membiasakan siswa menyelesaikan soal tipe HOTS agar siswa terbiasa bukan hanya berpikir untuk mengingat tetapi juga meningkatkan kreativitas dan analisis untuk memecahkan masalah. Siswa tidak terfokus pada menghafal materi, tapi bagaimana materi yang dihafal dan dipahami untuk digunakan dalam memecahkan suatu masalah dengan kreatif dan kritis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis, HOTS.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:25
Last Modified: 20 Dec 2022 07:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16653

Actions (login required)

View Item View Item