Pemikiran Al-Jlî Tentang Insan Kamil dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Nasional

Nisa, Nurun (2022) Pemikiran Al-Jlî Tentang Insan Kamil dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (930kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Al-Jîlî tentang insan kamil dan untuk menganalisis relevansi pemikiran Al-Jîlî tentang insan kamil dengan Tujuan Pendidikan Nasional. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif non-interaktif yakni analisis konsep/isi (content analysis) dalam pendekatan penelitian studi tokoh yakni menganalisis pemikiran Syekh ̳Abd al-Karîm Al-Jîlî tentang insan kamil. Sumber data penelitian ini adalah data primer (buku insan kamil yang ditulis oleh Syekh ̳Abd al-Karîm Al-Jîlî) dan data sekunder (buku-buku, jurnal-jurnal, artikel- artikel ilmiah, dan informasi-informasi tentang yang terkait dengan yang akan diteliti). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut Al-Jîlî insân kâmil adalah insan Kamil, menurut Al-Jîlî, adalah manusia sempurna mencapai puncak pertumbuhan spiritual karena nama dan sifat ilâhîyah yang mencerminkan al-haq yang terkandung dalam dirinya dan menghilangkan sifat-sifat hudust (kebaruan) dalam dirinya. Ini tidak berarti bahwa Allah akan menjadi satu dengan seorang hamba, melainkan bahwa cahaya Allah akan memasuki seorang hamba untuk menunjukkan bahwa Dia Ada sebagai satu-satunya baqâ' (Esensi Abadi). Agar insân kâmil muncul, banyak tahapan yang harus terjadi, antara lain tajallî al-af'âl al-haq, tajallî al-asmâ' al-haq, tajallî al-shifah al-haq, dan tajallî dzat al-haq. Insân kâmil memiliki tiga tingkatan: al-bidâyah, at-tawasuth, dan al-khitâm. Tujuan pendidikan nasional tidak diragukan sangat berkaitan dengan gagasan Al- Jîlî tentang Insân kâmil karena didasarkan pada standar yang dapat membantu siswa mengembangkan potensi dan karakter, moral, dan spiritualitas mereka secara utuh. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa isi tujuan merupakan langkah fundamental dalam membentuk siswa menjadi pribadi yang bermoral.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Insân kâmil, Al-Jîlî, Pendidikan Nasional
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:13
Last Modified: 28 Feb 2023 09:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16619

Actions (login required)

View Item View Item