Implementasi Metode Sosiodrama dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al-Fatih

Susilo, Nabila Dias (2022) Implementasi Metode Sosiodrama dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al-Fatih. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh guru secara sistematis dan teratur dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun implementasi metode sosiodrama dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak memiliki tujuan yakni anak mampu berinteraksi, bekerja sama, bersosialisasi, dan berkomunikasi dengan baik dalam hubungan sosial anak. Dengan begitu metode sosiodrama ini mempunyai manfaat, tidak hanya menuntut anak untuk memainkan perannya, melainkan mampu mengembangkan keterampilan dan sikap anak dalam memecahkan sebuah masalah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu AlFatih. Selama kurang lebih dua minggu. Subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun, guru, dan dokumen. Teknik analisis data diawali dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Temuan umum penelitian terkait sejarah, keadaan pengajar, dan siswa, sarana dan prasarana. Adapun temuan khusus adalah bagaimana implementasi metode sosiodrama dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun. Implementasi metode sosiodrama dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun sudah dilaksanakan secara optimal, sehingga kecerdasan interpersonal yang dimiliki anak mengalami peningkatan dimana anak mampu berinteraksi, bekerja sama, berinteraksi dalam kelompok, serta mampu memecahkan masalah secara efektif

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: impelementasi, metode sosiodrama, kecerdasan interpersonal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:11
Last Modified: 14 Dec 2022 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16602

Actions (login required)

View Item View Item