Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam Di SMP Negeri 1 Penanggalan Kota Subulussalam

Manik, Nanti (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam Di SMP Negeri 1 Penanggalan Kota Subulussalam. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER dsb.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAPUS DAN LAMPIRAN_compressed.pdf

Download (875kB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak adalah suatu proses menanamkan nilai- nilai akhlak kepada siswa untuk merubah tingkah laku dalam berbuat sesuai dengan aturan Islam. Salah satu cara yang digunakan dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu dalam kegiatan Esktrakurikuler Rohaniah Islam karena melalui kegiatan ini siswa mengaplikasikan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat kegiatan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak melalui kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam di SMP Negeri 1 Penanggalan dan untuk melihat fakta lapangan yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses internalisasi nilai- nilai pendidikan akhlak melalui kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam di SMP Negeri 1 Penanggalan menggunakan dua cara yaitu langsung (keteladanan, pembiasaan, pengawasan, nasehat dan hukuman) dan tidak langsung (belajar di kelas) dan terdapat empat tahapan yaitu pemberian pengetahuan, pemahaman, pembiasaan dan internalisasi. Faktor pendukung antara lain keikutsertaan Kepala Sekolah, sebagian besar siswa dari keluarga agamis, dan aktif belajar Madrasah Diniyah. Sedangkan faktor penghambat adalah sebagian siswa memiliki latar belakang keluarga yang berbeda, kurang kesadaran siswa pentingnya mengamalkan Islam dalam kehidupan sehari-hari, adanya kejenuhan siswa dalam mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:03
Last Modified: 13 Dec 2022 08:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16586

Actions (login required)

View Item View Item