Penggunaan Permainan Puzzle Dalam Perkembangan Kognitif Anak Di TK Al-Ikhlas Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi, Tapanuli Selatan T/A 2021/2022

Dalimunthe, Nuraisah (2022) Penggunaan Permainan Puzzle Dalam Perkembangan Kognitif Anak Di TK Al-Ikhlas Aek Badak Kecamatan Sayurmatinggi, Tapanuli Selatan T/A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.'.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V'.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN'.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini umumnya menggunakan metode belajar sambil bermain, karena dunia anak adalah dunia bermain.. Puzzle adalah permainan yang menyusun kepingan-kepingan puzzle kebentuk gambar awal. Penggunaan permainan puzzle adalah salah satu permainan yang dapat mengembangkan perkembangan kognitif anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripikan penggunaan permainan puzzle dalam perkembangan kognitif anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan/verifikasi data, lokasi penelitian di TK Al-Ikhlas Aek Badak, Kecamatan Sayurmatinggi, Tapanuli Selatan, pengamatan yang dilakukan di kelompok A dengan jumlah 13 Anak. Hasil penelitian menyimpulakn bahwa dengan, (1) Pelaksanaan penggunaan permainan puzzle dalam perkembangan kognitif anak dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Al-Ikhlas hal ini dalam proses penggunaaan permainan puzzle membuat anak tertarik menggunakan permainan tersebut dan anak lebih cepat mengingat dan memahami, (2) Langkah-langkah penggunaan permainan puzzle dalam perkembangan kognitif anak di TK Al-Ikhlas dimulai dengan tema dan sub tema yang sesuai dengan RPPH dan kegiatan yang dilakukan anak bermain sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan kognitif, penggunaan permainan puzzle
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:58
Last Modified: 13 Dec 2022 07:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16585

Actions (login required)

View Item View Item