Efek Pemberitaan Vaksinasi Sinovac mengenai Kesehatan Imunitas di Media Online dalam Kajian Sosiologi Komunikasi Massa (Studi: Masyarakat Muslim di Kelurahan Mabar)

Wahida, Ade Tasya (2022) Efek Pemberitaan Vaksinasi Sinovac mengenai Kesehatan Imunitas di Media Online dalam Kajian Sosiologi Komunikasi Massa (Studi: Masyarakat Muslim di Kelurahan Mabar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek yang ditimbulkan media online mengenai berita vaksinasi Sinovac untuk kesehatan imunitas, pandangan masyarakat muslim di Kelurahan Mabar mengenai vaksinasi dan kesehatan imunitas serta kajian sosiologi komunikasi massa terhadap efek pemberitaan vaksinasi Sinovac mengenai kesehatan imunitas di media online tersebut. Untuk mencapai tujuan yang dimaksud, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan masyarakat muslim di kelurahan Mabar, khususnya di Jalan Mangaan I Linkungan VI dan VIII. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti sebagai berikut: efek yang ditimbulkan media online mengenai berita vaksinasi Sinovac untuk Kesehatan imunitas ada dua efek yang terbentuk dari media tersebut yaitu efek primer dan efek sekunder. Adapun Pandangan masyarakat muslim di Kelurahan Mabar mengenai vaksinasi dan kesehatan imunitas tentunya menimbulkan opini yang beragam seperti pro dan kontra terhadap vaksinasi. Akan tetapi, informan pada penelitian ini beropini memahami tujuan vaksin itu sebenarnya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Kemudian, efek pemberitaan di media online mengenai vaksinasi untuk kesehatan imunitas dalam kajian sosiologi komunikasi massa, terdapat tiga efek diantaranya: Pertama, Efek kognitif yang terjadi yaitu khalayak memperoleh informasi positif dan negatif. Kedua, Efek afektif adalah perasaan gelisah dan khawatir serta takut terbentuk pada masyarakat muslim di Kelurahan Mabar setelah mengkonsumsi media massa terkait Virus Corona seperti Vaksinasi yang tidak akurat. Ketiga, Efek behavioral merupakan akibat yang timbul pada diri khalayak dalam bentuk perilaku. Perilaku khalayak dalam hal ini responden dengan mengenakan masker ketika bepergian, memakai hand sanitizer kemudian menjaga jarak dengan orang lain serta melakukan vaksinasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efek Pemberitaan, Vaksinasi Sinovac, Masyarakat Muslim Sosiologi Komunikasi Massa
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:30
Last Modified: 06 Dec 2022 08:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item