Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Materi Dunia Tumbuhan Pada Masa Pembelajaran New Normal

Ritonga, Indah Lestari and Anas, Nirwana (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Materi Dunia Tumbuhan Pada Masa Pembelajaran New Normal. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (2). pp. 399-408. ISSN p-ISSN: 2442-9481 e-ISSN: 2685-7332 (Tidak diterbitkan (Unpublished) )

[img] Text
TA ARTIKEL ILMIAH_INDAH LESTARI RITONGA.pdf

Download (943kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di era new normal di sekolah mulai menjalankan kembali proses pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya yang harus menciptakan pembelajaran kreatif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang berprestasi . LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis discovery learning ditujukan agar memberikan pengetahuan belajar secara langsung dan proses kegiatan pembelajaran yang bermakna sehingga mampu mengarahkan siswa menemukan konsep pembelajaran . Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan LKPD berorientasi pembelajaran penemuan materi dunia tumbuhan yang dinyatakan layak, praktis, dan efektif penggunaannya dalam proses kegiatan pembelajaran. Model pengembangan pada penelitian ini adalah 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefenisian), design (perancangan) , development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran) subyek penelitian siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Rantau Selatan. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi ahli & ahli media pada pengujian kelayakan, lembar validasi praktisi untuk mengetahui kepraktisan, serta lembar pretest dan posttest serta lembar respon peserta didik untuk pengujian keefektifan. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa LKPD berorientasi discovery learning yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan persentase 85,5%, sangat praktis dengan persentase 93,5%, serta sangat efektif dengan adanya peningkatan belajar kategori sedang yang telah diuji dengan n-gain dengan skor 0,5 dan respon peserta didik sangat baik dengan persentase 82,4%. Hasil dari penelitian disimpulkan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran penemuan (discovery learning) yang dikembangan sangat layak, sangat praktis, dan sangat efektif dalam penggunaannya dalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, LKPD, New Normal
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:35
Last Modified: 06 Dec 2022 07:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16483

Actions (login required)

View Item View Item