Pengaruh Metode Resitasi dan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika T.A 2021/2022

Hasibuan, Rizky Amelia (2022) Pengaruh Metode Resitasi dan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika T.A 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER..pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (411kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Metode Resitasi dan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir logis Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika T.A 2021/2022”, yang dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran matematika, terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa dan menghambat proses pencapaian tujuan pembelajaran. Matematika dicirikan oleh simbol-simbol kosong dan objek-objek abstrak. Artinya, siswa perlu memiliki kemampuan berpikir logis dan pemahaman yang mendalam untuk memecahkan masalah. Metodologi penelitian menggunakan metode kuantitatif faktorial dengan desain eksperimen, Dimana faktorial Design adalah bentuk modifikasi atas true experimental design. Modifikasi yang dilakukan yaitu dengan mengamati kemungkinan adanya variabel moderator yang mempengaruhi variabel independen (perlakuan) terhadap variabel dependen (hasil). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 39 Medan dengan jumlah sampel 23 siswa kelompok eksperimen I dan 23 siswa kelompok eksperimen II. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, penarikan sampel seperti ini dilakukan karena populasi tidak terdiri dari individu-individu melainkan terdiri dari kelompok-kelompok cluster. Teknik mengumpulkan data hasil kemampuan berpikir logis matematika siswa pada penelitian adalah melalui tes. Alat pengolah data validitas, reabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan uju normalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t berpasangan (Paired t-test). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Kemampuan berpikir logis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Resitasi diperoleh rata-rata nilai pre-test yaitu nilai yang belum diberi perlakuan sebesar 58,043, dengan standar deviasi yang diperoleh sebesar 10,605, nilai maksimum 75, dan nilai minimum 40. Sedangkan nilai rata-rata pos-test setelah diberi perlakuan 83,913, dengan standar deviasi yang diperoleh sebesar 9,202, nilai iv maksimum 100, dan nilai minimum 70 sehingga pembelajaran dengan metode Resitasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematika siswa, (2) Kemampuan berpikir logis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Problem Solving diperoleh rata-rata nilai pre-test yaitu nilai yang belum diberi perlakuan yaitu 58,043, dengan standar deviasi yang diperoleh sebesar 11,054, nilai maksimum 75, dan nilai minimum 40. Sedangkan nilai rata-rata pos-test setelah diberi perlakuan 83,913, dengan standar deviasi yang diperoleh sebesar 8,994, nilai maksimum 90, dan nilai minimum 60 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematika siswa, (3) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Resitasi terhadap kemampuan berpikir logis matematikadengan nilai thitung = 26,489 dan ttabel = 2,073 yang berarti thitung > ttabe , (4) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan berpikir logis matematika. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 20,876 dan ttabel = 2,073 yang berarti thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran matematika.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir logis, metode resitasi, metode problem solving.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Dec 2022 05:58
Last Modified: 06 Dec 2022 05:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16472

Actions (login required)

View Item View Item