PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Ananda, Chandrini Faiza and Tanjung, Indayana Febriani (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10 (1). ISSN E-ISSN 2654-4571; P-ISSN 2338-5006

[img] Text
Jurnal udh terbit.pdf

Download (879kB)

Abstract

Pengembangan LKPD berbasis guided inquiry didasari oleh kurangnya media pembelajaran pada mata pelajaran biologi SMA yang dapat membantu siswa dalam berpikir kritis. Tujuannya adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis guided inquiry yang layak, efektif, serta praktis guna membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metodenya yaitu R&D model Thiagarajan et al. (1974) yaitu desain 4D, diantaranya: define, design, develop, dan disseminate. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk melihat tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Sedangkan analisis data kualitatif untuk mengetahui komentar, kritik, saran, dan hasil observasi. Didapatkan hasil bahwa LKPD berbasis guided inquiry yang telah dikembangkan layak diterapkan dengan persentase 100% (ahli media), 89% (ahli materi), dan 100% (ahli bahasa), serta LKPD dinyatakan praktis dilihat dari tercapainya lembar respon guru dengan rata-rata 100% dan lembar respon siswa dengan rata-rata 93,07%. LKPD juga dinyatakan efektif dilihat dari ketercapaian ketuntasan hasil post-test sebesar 0,70 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil di atas dapat ditarik simpulan dimana LKPD berbasis guided inquiry yang telah dikembangkan dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan, serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Guided Inquiry, Berpikir Kritis.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Dec 2022 05:31
Last Modified: 06 Dec 2022 05:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

View Item View Item