Dampak Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas Vb Mis Al-Hidayah Jl. Datuk Kabu No. 37

Sihombing, Arfiana (2022) Dampak Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas Vb Mis Al-Hidayah Jl. Datuk Kabu No. 37. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Dampak Media Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas Vb Mis Al-Hidayah Jl. Datuk Kabu No. 37” dilatar belakangi oleh minat belajar siswa/i yang menurun, kesehatan mata yang semakin terganggu, pola belajar yang tidak teratur, terpecahnya konsentrasi belajar siswa/i, dan sifat ketergantungan terhadap penggunaan media sosial di kalangan siswa/i kelas Vb tersebut. Adapun metodologi penelitian yang digunakan peneliti yaitu dengan pendekatan data lunak (kualitatif) dengan jenis metode penelitian studi kasus. Lantas, yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas Vb, siswa/i kelas Vb, dan beberapa orang tua siswa/i kelas Vb. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini tentu dengan dokumen wawancara, catatan pengamatan (observasi), dan dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian yang diperoleh. Pada teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data (display), dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial di kelas Vb Mis Al-Hidayah Jl. Datuk Kabu No. 37 merujuk pada: (1)Fenomena penggunaan media sosial yang dianggap sudah berlebihan bagi siswa/i terkhusus bagi siswa/i kelas Vb yang duduk di bangku Madrasah Ibtidaiyah; (2)Dampak yang ditimbulkan media sosial terhadap minat belajar siswa/i kelas Vb lebih mengarah pada dampak negatif bagi penggunanya terkhusus siswa/i kelas Vb (3)Kebijakan yang akan dilakukan oleh Kepala Sekolah Mis Al-Hidayah terhadap media sosial bagi siswa/i di Mis Al-Hidayah terkhusus pada siswa/i kelas Vb yaitu dengan menjadikan media sosial sebagai salah satu media pembelajaran di dalam kelas, mengingat media sosial yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan masa kini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Minat Belajar, dan Siswa
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:28
Last Modified: 05 Dec 2022 05:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16443

Actions (login required)

View Item View Item