Metode Penyuluh Agama Dalam Memotivasi Kesadaran Wajib Sholat Lima Waktu Bagi Masyarakat Nelayan Di Perkampungan Nelayan Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara

Mubarak, Muhammad Zahid (2022) Metode Penyuluh Agama Dalam Memotivasi Kesadaran Wajib Sholat Lima Waktu Bagi Masyarakat Nelayan Di Perkampungan Nelayan Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (927kB)
[img] Text
BAB I (PENDAHULUAN).pdf

Download (676kB)
[img] Text
BAB II (LANDASAN TEORI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
BAB III (METODE PENELITIAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV (HASIL DAN PEMBAHASAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)
[img] Text
BAB V (PENUTUP).pdf

Download (386kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penyuluh agama dalam memotivasi kesadaran wajib sholat lima waktu bagi masyarakat nelayan di perkampungan nelayan desa Dahari Selebar kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara, untuk mengetahui hambatan metode penyuluh agama, serta untuk mengetahui bentuk keberhasilan penyuluh agama dalam memotivasi kesadaran wajib sholat lima waktu bagi masyarakat nelayan di perkampungan nelayan desa Dahari Selebar kecamatan Talawi kabupaten Batu Bara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ialah penyuluh agama kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara Yang bertugas di Desa Dahari Selebar, pegawai KUA Kecamatan Talawi dan masyarakat nelayan. Hasil temuan penelitian ini ialah: (1)Metode yang digunakan oleh penyuluh agama dalam memotivasi kesadaran wajib sholat lima waktu bagi masyarakat nelayan di perkampungan nelayan desa Dahari Selebar kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara ialah menggunakan metode ceramah, tanya jawab. (2)Hambatan yang dihadapi oleh penyuluh agama dalam memotivasi kesadaran wajib sholat lima waktu bagi masyarakat nelayan di perkampungan nelayan desa Dahari Selebar kecamatan Talawi kabupaten Batu Bara ialah waktu penyuluhan yang singkat. (3)Bentuk keberhasilan penyuluh agama dalam memotivasi kesadaran wajib sholat lima waktu bagi masyarakat nelayan di perkampungan nelayan desa Dahari Selebar kecamatan Talawi kabupaten Batu Bara ialah masyarakat mulai meluangkan waktunya untuk mengerjakan sholat secara berjamaah di masjid maupun dirumah masing-masing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Penyuluh Agama, Motivasi, Sholat Lima Waktu
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:15
Last Modified: 05 Dec 2022 05:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16441

Actions (login required)

View Item View Item