Pengaruh Metode Membaca Cepat Untul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menemukan Informasi Di Kelas V MIN Tanjung Harap Desa Tanjung Harap Kec. Serba Jadi Kab. Serdang Bedagai T.A 2017/2018

Kiswatullah, Anis (2018) Pengaruh Metode Membaca Cepat Untul Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menemukan Informasi Di Kelas V MIN Tanjung Harap Desa Tanjung Harap Kec. Serba Jadi Kab. Serdang Bedagai T.A 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode membaca cepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN Tanjung Harap desa tanjung harap kec.serba jadi kab.serdang bedagai pada bulan april 2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian kelas V-A (kelas kontrol) sebanyak 23 siswa dan kelas V-B (kelas eksperimen) sebanayak 23 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pilihan berganda dan lembar wacana. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 20 For Windows. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. perbedaan nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 80,43 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 74,78. Hal ini juga telah dibuktikan melalui pengujian hipotesisi (uji-t) dengan menggunanakan bantuan software SPSS 20 for windows. Postest hasil belajar siswa berada pada taraf signifikansi 0,22 > 0,05 dan Thitung 2,373 > Ttabel 2,080 maka hipotesis H₀ ditolak dan H₁ diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara postest hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode membaca cepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Metode Membaca Cepat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:30
Last Modified: 01 Dec 2022 07:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16415

Actions (login required)

View Item View Item