Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Islam Terpadu (IT)

Siregar, Mufidatul Husna and Ulfa, Syarifah Widya (2022) Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Islam Terpadu (IT). Research and Development Journal of Education (RDJE), 8 (1). pp. 230-241. ISSN 2657-1056

[img] Text
TA_Mufidatul Husna Srg_Bebas Pustaka_Tbio2.pdf

Download (580kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pondasi awal dalam mendidik dan menciptakan generasi bangsa yang berprilaku berasaskan Pancasila. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengetahun, pemahaman pendidik terkait pendidikan karakter pada pembelajaran biologi, strategi implementasi, kesulitan dan solusinya dalam implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran biologi, serta nilai karakter yang berkembang pada diri peserta didik di sekolah SMP Islam Terpadu Al-Hijrah 2, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik simple random sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan uji keabsahan menggunakan metode triangulasi berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian, guru biologi telah menerapkan pendidikan karakter dan berjalan dengan baik, dikarenakan guru mengetahui dan memahami pendidikan karakter pada pembelajaran biologi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Strategi yang digunakan yaitu, strategi langsung dengan saling mengingatkan sesama guru dan siswa, menegur dengan baik, memberi nasehat, dan menjadi teladan bagi siswa. Nilai-nilai karakter telah dirancang pada RPP sehingga guru biologi tidak mengalami kesulitan dalam implementasi pendidikan karakter. Penerapan nilai karakter juga dilakukan diluar jam belajar dengan pembiasaan, pengertian, dan keteladalan. Nilai karakter “toleransi”, merupakan nilai dengan kriteria berkembang sangat baik . Nilai karakter “peduli lingkungan” dan “ peduli kesehatan”, dengan kriteria berkembang.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Pembelajaran Biologi; Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:30
Last Modified: 11 Nov 2022 03:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16277

Actions (login required)

View Item View Item