Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick di Kelas VIII MTs Cendekia Medan

Azizah, Nur (2022) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick di Kelas VIII MTs Cendekia Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
FIX COVER SKRIPSI.pdf

Download (734kB)
[img] Text
Fix BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fix BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Fix BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Fix BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Fix BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Fix DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas VIII. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di kelas VIII. (3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan talking stick di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif dan jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Cendekia Medan. Sampel penelitian ada 2 kelas yaitu kelas VIII– A yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII– B yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif talking stick sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah berbentuk tes uraian berupa pre-test dan post- test. Analisis data yang dilakukan dengan analisis independent sample t-test. Hasil analisis data diperoleh: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memperoleh nilai rata-rata pre-test yaitu 57,034. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick memperoleh nilai rata-rata pre-test yaitu 50,633. (3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick dengan thitung = 3,076 dan ttabel = 2,002 atau thitung > ttabel. Simpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam meningkatkan kemmapuan pemecahan masalah matematika siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:18
Last Modified: 11 Nov 2022 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16275

Actions (login required)

View Item View Item