An Analysis of the Difficulty Factors in Learning Arabic in Class VIII

Hararap, Amal Husain and Lubis, Zulfahmi (2022) An Analysis of the Difficulty Factors in Learning Arabic in Class VIII. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (5). pp. 6425-6431. ISSN 2656-8063

[img] Text
Amal Husain Harahap Jurnal.pdf

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor kesulitan belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII di Yayasan Al-Ikhwan Kotapinang, Sumatera Utara, tahun ajaran 2021/2022. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Penelitian dilaksanakan pada semester II (genap) tahun ajaran 2021/2022, per April hingga Mei 2022. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII Yayasan Al-Ikhwan Kotapinang yang berjumlah 27 siswa. Adapun objek penelitian yaitu berkaitan dengan faktor-faktor kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII Yayasan Al-Ikhwan Kotapinang hampir semua memiliki kesulitan dalam proses belajar bahasa Arab, hal ini dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internal meliputi minat belajar bahasa Arab, kurangnya konsentrasi belajar siswa ketika guru menyampaikan materi ajar, dan intelegensi (kecakapan siswa dalam menerima pelajaran). Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lulusan sekolah dasar umum dan lingkungan belajar anak di rumah yang kurang mendukung.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:39
Last Modified: 10 Nov 2022 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16270

Actions (login required)

View Item View Item