Perbandingan Pemahaman Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah Berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus Pabrik Roti Kuping Gajah Farhan Bakery dan UD. Berkah)

Siregar, Rahmah Sudana (2022) Perbandingan Pemahaman Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah Berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus Pabrik Roti Kuping Gajah Farhan Bakery dan UD. Berkah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER. Rahmah S. Siregar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I. Rahmah S. Siregar.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II. Rahmah S. Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB III. Rahmah S. Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB IV. Rahmah S. Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
BAB V. Rahmah S. Siregar.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran. Rahmah S. Siregar.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan keuangan yang baik akan berdampak pada pengambilan keputusan dimasa yang akan datang. Bagi UKM terdapat standar penyusunan laporan keuangan yaitu SAK EMKM yang berlaku bagi seluruh UKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman penyusunan laporan keuangan pada Pabrik Roti Kuping Gajah Farhan Bakery dan UD. Berkah, mengetahui penerapan SAK EMKM pada pencatatan laporan keuangan pada Pabrik Roti Kuping Gajah Farhan Bakery dan UD. Berkah, mengetahui persamaan pencatatan laporan keuangan pada Pabrik Roti Kuping Gajah Farhan Bakery dan mengetahui perbedaan pencatatan laporan keuangan pada Pabrik Roti Kuping Gajah Farhan Bakery dan UD. Berkah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pelaku usaha Pabrik Roti Kuping Gajah Farhan Bakery dan UD. Berkah serta yang menjadi objek penelitian ini adalah pencatatan keuangan pada kedua pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman penyusunan laporan keuangan pada Pabrik Roti Kuping Gajah Farhan Bakery kurang baik namun pada UD. Berkah pemahaman pelaku usaha dapat dikatakan baik. Kedua pelaku usaha sudah melakukan pencatatan keuangan namun belum sesuai dengan SAK EMKM. Persamaan pencatatan keuangan pada kedua pelaku usaha juga sudah membuat pencatatan keuangan berupa pembukuan kas masuk dan kas keluar serta nota bon utang, piutang dan persediaan. Dan yang menjadi perbedaan pencatatan keuangan antara kedua pelaku usaha adalah terletak pada UD. Berkah yang membuat pencatatan keuangan neraca dan laba rugi namun untuk Pabrik Roti Kuping Gajah tidak membuat pencatatan keuangan neraca dan laba rugi

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:39
Last Modified: 09 Nov 2022 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16261

Actions (login required)

View Item View Item