Pengembangan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pematangsiantar Tahun Ajaran 2019/2020

Siregar, Syarifah Khairani (2021) Pengembangan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pematangsiantar Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Lengkapp (1).pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (259kB)
[img] Text
Daftar Pustakaa.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pematangsiantar Tahun Ajaran 2019-2020. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Pematangsiantar pada tanggal 09, 10, 11, 12, 13, 14, Maret 2020, dengan jumlah anak yang diteliti berjumlah 26 orang anak. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiono. Data penelitian ini diperoleh menggunakan wawancara, kuesioner atau angket, kuesioner validator, yaitu 2 ahli media dan 1 ahli perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan 7 tahap pengembangan media busybook untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak, yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) uji coba produk; 6) revisi produk; dan 7) uji coba pemakaian. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh validator media pertama dengan presentase 90,00% dengan kategori sangat layak, uji kelayakan oleh validator media kedua dengan presentase 100% dengan kategori sangat layak. Uji kelayakan yang dilakukan oleh validator perkembangan anak mendapatkan presentase 90,00% dan dengan kategori sangat layak. Hasil belajar anak pada uji coba tahap I presentase kemampuan mengenal angka 30,77%, pada uji coba tahap II presentase kemampuan mengenal angka 96,1%. Kemampuan mengenal angka pada anak meningkat dengan klasifikasi sangat tinggi memperoleh rata-rata skor 37, oleh sebab itu media busy book untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak dapat dikatakan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Busy Book, Kemampuan Mengenal Angka
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:00
Last Modified: 07 Nov 2022 08:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16239

Actions (login required)

View Item View Item