Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Komik Berbasis Game Based Learning Pada Materi Bangun Datar di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawwarah Binjai

Astami, Alya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Komik Berbasis Game Based Learning Pada Materi Bangun Datar di Madrasah Tsanawiyah Al-Munawwarah Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ALYA ASTAMI.pdf

Download (729kB)
[img] Text
BAB I ALYA ASTAMI.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB II ALYA ASTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III ALYA ASTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB IV ALYA ASTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V ALYA ASTAMI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ALYA ASTAMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematika dikarenakan mindset siswa yang selalu menganggap matematika merupakan suatu pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu faktor penyebabnya yaitu keterbatasan penggunaan media pembelajaran oleh guru dalam menyampaikan materi ajar sehingga menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (RnD) dengan menggunakan metode kombinasi. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D (Four-D). Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al- Munawwarah Binjai. Teknik pengumpulan data dengan lembar wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data kualitatif dengan derkriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif dengan uji validitas dan kelayakan. Hasil penelitian didapatkan bahwa (1) validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4 dengan presentase 100%, (2) validasi yang dilakukan olehahli materi memperoleh skor rata- rata 3,45 dengan presentase 86,2%, (3) validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 3,73 dengan presentase 93,3%, (4) validasi oleh guru matematikamemperoleh skor rata-rata 3,39 dengan presentase 84,72% dan, (5) uji coba kelayakan dilakukan melalui angket respon siswa memperoleh skor rata-rata 3,48. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka pengembangan media pembelajaran komik matematika berbasis game based learning memenuhi kategori sangat valid dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi bangun datar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komik matematika, game based learning, four-D
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:02
Last Modified: 07 Nov 2022 03:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item