Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Fishbone Materi Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Ramadhani, Safira and Khairuna, Khairuna (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Fishbone Materi Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu : Jurnal of Elementary Education, 6 (5). pp. 8405-8413. ISSN P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147

[img] Text
File Artikel jurnal safira ramadhani.pdf

Download (262kB)

Abstract

Masalah umum dialami siswa ialah peserta didik sering mengalami kebosanan ketika dalam pengerjaan UKBM saat proses pembelajaran yang dilakukan didalam kelas, jadi kurangnya kreativitas siswa untuk memahami dan menyelesaikan materi karena kurangnya penggunaan model pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam hal keterampilan berpikir kreatif yang dapat menginspirasi siswa melakukan kegiatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Fishbone untuk materi biologi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan menentukan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian dilakukan dari Maret hingga Mei 2022. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen pada nonequivalent control group design, instrumen tes berupa pretest posttest dan Non Tes seperti angket. Penelitian ini memiliki sampel kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata hasil posttest eksperimen 81,5 dan rata-rata posttest kontrol 58,2. Hasil angket kemampuan berpikir kreatif responden mendapatkan total skor 1289 dari indikator dan persentase tanggapan responden 88%. Kesimpulan penelitian ini adanya pengaruh pada model Problem Based Learning berbantuan fishbone pada materi biologi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan tingkat kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen dikategorikan kreatif.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Fishbone, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Nov 2022 08:40
Last Modified: 05 Nov 2022 08:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16219

Actions (login required)

View Item View Item