Wahyuni, Selvi Sinta and Tambunan, Efrida Pima Sari (2022) Efektivitas Pemberian Kuis Menggunakan Aplikasi Google Form pada Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu : Jurnal of Elementary Education, 6 (5). pp. 8033-8039. ISSN P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Text
file artikel Selvi sinta.pdf Download (392kB) |
Abstract
Jika proses pembelajaran tidak aktif dan pelajaran menjadi tidak menarik, siswa tidak akan dapat memahami materi yang diberikan. Hal ini berdampak pada hasil belajar, peluang yang tersedia bagi guru selama proses pembelajaran pandemi yaitu dengan cara penggunaan media kuis melalui Google Forms. Tujuan berdasarkan penelitian ini merupakan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan Google Forms buat mengelola kuis pada rangka menaikkan output belajar siswa. Penelitian dilakukan antara Februari & April 2022, dan memakai pendekatan desain eksperimen semu serta menggunakan pendekatan desain grup kontrol pretest non-equivalent. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini, menggunakan kelas X MIPA dua menjadi kelas eksperimen & kelas X MIPA satu menjadi kelas kontrol. Analisis keefektifan kuis dengan menggunakan aplikasi Google Forms mengungkapkan perbedaan yang sangat besar pada rata-rata n-gain dari output siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan kelas eksperimen mendapat skor 0,72 dalam kategori “tinggi” Ini menjadi jelas. Dan kemudian ada kelompok kontrol Dalam kategori "Rendah" 0,32. Penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Forms untuk pengelolaan kuis efektif dan berdampak signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran biologi.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pemberian Kuis, Hasil Belajar. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 08:31 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 08:31 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16218 |
Actions (login required)
View Item |