Siregar, Fatimah Zahara and Ulfa, Syarifah Widya (2022) Analisis Pembelajaran Tatap Muka Berskala Terbatas Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas X SMA pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (2). pp. 442-450. ISSN p-ISSN: 2442-9481 e-ISSN: 2685-7332
Text
2926-7212-1-PB (2).pdf Download (527kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan tujuan mengetahui tingkat belajar siswa saat pembelajaran tatap muka berskala terbatas pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Batang Kuis serat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian memakai metode kualitatif. Populasi penelitian meliputi tiga kelas yaitu Kelas X MIA dengan sampel 35 siswa yaitu Kelas X MIA1 X MIA2 sebanyak 34 siswa dan X MIA 3 sebanyak 31 siswa. Data penelitian berbentuk wawancara guru biologi dan angket siswa dikembangkan sesuai indikator kejenuhan belajar, ialah kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif, serta kehilangan motivasi. Data yang terkumpul diolah dengan teknik skala likert, yang diukur dan dijabarkan ke dalam indikator variabel. Teknik analisis data memakai model Miles & Huberman, yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, serta inferensi dan validasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa selama pembelajaran tatap muka berskala terbatas pada indikator kelelehan emosi siswa dominan berkategori jenuh, pada indikator kelelahan fisik siswa dominan berkategori jenuh, pada indikator kelelahan kognitif siswa dominan berkategori jenuh, pada indikator kehilangan motivasi Siswa dominan berkategori sangat jenuh
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kejenuhan belajar, Siswa SMA, Tatap muka |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA) |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 06:52 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 06:52 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16210 |
Actions (login required)
View Item |