Siregar, Hafiva Hanum and Adlini, Miza Nina (2022) Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Audiovisual: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (2). pp. 284-292. ISSN p-ISSN: 2442-9481 e-ISSN: 2685-7332
Text
Artikel Jurnal_Hafiva Hanum Siregar.pdf Download (704kB) |
Abstract
Metode belajar yang berpusat kepada guru “Teacher centered” yang merupakan pembelajaran konvensional dapat menimbulkan kejenuhan pada siswa. Situasi ini berpengaruh buruk pada capaian belajar yang dihasilkan siswa. Tujuan dilakukan penelitian ialah untuk melihat dampak model belajar discovery learning didukung oleh media audiovisual pada pembelajaran biologi terkait capaian belajar Biologi siswa. Eksperimental semu dan Non equivalent control group design merupakan jenis penelitian yang dilakukan. Populasinya ialah kelas XI MIA yang terdiri atas empat kelas dengan total 141 siswa. Sampel berjumlah dua kelas yang dilakukan melalui teknik purposive sampling, tiap kelas terdiri atas 36 siswa. Kelas eksperimen ialah kelas dengan menerapkan model belajar discovery learning yang didukung oleh media audiovisual adalah kelas XI MIA 1, sementara itu kelas kontrol yang menerapkan model belajar konvensional yakni kelas XI MIA 3. Instrumen penelitian berupa tes tertulis berupa multiple choices dengan total 20 soal pertanyaan. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis uji-t. Diperoleh hasil yang membuktikan bahwa adanya pengaruh model belajar discovery learning didukung oleh media audiovisual terkait capaian belajar biologi siswa. Penerapan model belajar discovery learning dapat dipergunakan guru untuk memperoleh peningkatan hasil belajar siswa tersebut. Penggunaan media audiovisual bisa memudahkan guru untuk memberikan materi pelajaran, maka dari itu kegiatan pembelajaran berjalan efektif dan efisien
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Audiovisual, Discovery learning, Hasil belajar, Video pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 06:38 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 06:38 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16208 |
Actions (login required)
View Item |